Assalaamu alaikum warahmatullahi wa barakaatuh Selamat Datang di BLOG Pakwah

Perangkat Keras untuk Akses Internet

Untuk dapat tersambung ke jaringan Internet global, kita memerlukan beberapa perangkat komunikasi tambahan di komputer yang kita gunakan. Pada bab ini akan di jelaskan beberapa perangkat tambahan yang sering digunakan untuk mengkaitkan komputer yang kita gunakan ke jaringan Internet dunia. Beberapa perangkat yang sering digunakan di Indonesia pada saat ini adalah perangkat modem untuk handphone pada jaringan seluler. Bagi mereka yang mempunyai laptop sendiri sering menggunakan fasilitas HotSpot yang ada di laptop-nya. Sementara kebanyakan kantor, WARNET dan instansi menggunakan modem ADSL untuk sambungan Internet berkecepatan tinggi melalui kabel telepon.

Dalam konfigurasi sebuah sambungan ke Internet terdapat beberapa unsur penting, yaitu,
  • Komputer
  • Internet, biasanya melalui sebuah Internet Service Provider (ISP).
  • Modem
Ada beberapa jenis modem yang dapat digunakan untuk menyambungkan komputer ke Internet. Masing-masing modem mempunyai karakteristik berbeda, yaitu:

Menggunakan modem dial-up dan sambungan melalui kabel telepon. Pada teknik dial-up, modem dipasang di komputer, baik di dalam maupun di luar kotak komputer. Melalui komputer tersebut, kita dapat menelepon tempat akses Internet.

Menggunakan handphone. Dengan semakin maraknya penggunaan handphone di Indonesia, Internet melalui handphone juga semakin marak. Hampir semua operator selular di Indonesia memberikan akses Internet sebagai layanan tambahan di jaringan selular mereka. Secara umum ada dua (2) teknologi, yaitu, GPRS dan 3G.

Menggunakan Wireless, atau juga di kenal sebagai WiFi, atau HotSpot. Pada saat ini kebanyakan laptop yang di jual di pasaran telah mempunyai peralatan Wireless Internet atau lebih di kenal WiFi. Dengan peralatan WiFi yang ada kita dapat langsung terhubung ke jaringan Interent di tempat-tempat yang tersedia akses WiFi atau dikenal sebagai HotSpot, yang tersedia di hotel, restoran, kompleks perkantoran dan di bandara.